Rabu, 08 November 2017

Pemanfaatan botol plastik bekas untuk tanaman hydroponik



POT BOTOL PLASTIK HYDROPONIK
Hello gaes,.. saat ini, kita sudah tak asing lagi dengan permasalahan linkungan kita. Permasalahan yang sulit diatasi dan tak kunjung teratasi. Apa itu? SAMPAH. Ya, sampah memang sudah menjadi PR kita untuk segera dituntaskan dari muka bumi, yaa setidaknya hilang dari sekitar kita. Namun, sampah jenis lain justru menjadi sangan bermanfaat bagi ekosistem tumbuhan, seperti sambah daun atau organik. Namun, ada juga jenis sampah lain  yang sulit dilenyapkan dan terurai dalam tanah, plastik adalah jenis sampah tersebut. Setiap hari, kita tak lepas dari keberadaan plastik, seperti minuman dalam kemasal plastik, makanan, tas kresek dan masih banya lagi. Plastik kalau dibiarkan, lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat saluran air dan menimbulkan permasalahan baru, yakni banjir. Nah, untuk itu, spaya kita bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan dari plastik tersebut, kita harus berperan serta mengurangi dampak sampah plastik, minimal sampah botol plastik yang kita buang sendiri. Dengan apa? Membuat botol plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat, seperti pot. Disini saya akan berbagi cara membuat pot tanaman dari botol plasti yang tidak terpakai.
Bahan-bahan :
1.       Botol plastik bekas
2.       Handuk yang sudh tidak terpakai
3.       Air
4.       Tanah
Peralatan :
1.       Gunting
2.       Sekop
3.       Tanaman
Langkah-langkah :
Pertama potong botol plastik menjadi dua dengan ukuran atas bawah panjangnya sama.
Kemdian, pada bagian botol yang atas atau tutupnya kita isi handuk yang sudah disobek persegi panjan ddengan ukuran dikira-kira sesuai panjang botol tersebut, lalu isi dengan tanag yang subur.
Tanaman yang sudah disiapkan ditanam di botol tersebut, lalu, isi botol yang bagian bawah dengan air. Lalu, taruh tanaman yang sudhah ditanam. Dan selesaii, model ini cocok bagi anda yang suka berkebun, tapi memilkinkesibukn sehingga lupa menyiram tanamannya karena tanaman ini tidak perlu sering isiram, karena tanaman akan terpenuhi air melalui handuk yang terkena air di bagian bawahnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar