Sabtu, 02 Desember 2017

mengatasi kebiasaan mengerot gigi saat tidur



 Hasil gambar untuk mengerat gigi saat tidur
MengatasiKebiasaanMengerot Gigi SaatTidur
Hi gaes.. sebelumnya mungkin kalian pernah mengalami kebiasaan buruk saat tidur, tapi hal itu tanpa kita ketahui atau terjadi tanpa kesadaran kita, seperti kebiasaan mengerot-ngrot gigi salah satunya. Ini sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang jika dibiarkan terus-menerus akan berakibat buruk pada kesehatan


Dimulai dari sebuah pertanyaan kepada dokter dari pasien yang mengeluh tentang kebiasaannya mengerot-ngerot giginya ketika tidur (Bruksism) dan kebiasaannya itu menjadikan rahangnya menjadi sakit.
Kemudian dokter menjelaskan sedetail mungkin kebiasaan buruk yang sangat mengganggu tidur kita, demikian penjelasan dari sang dokter:
Bruksism didefinisikan sebagai aktivitas yang tidak normal di dalam rongga mulut, misalnya clenching (mengatupkan gigi-gigi pada rahang atas dan bawah dengan tekanan yang berlebihan), grinding (menggesek-gesekan gigi-gigi antara rahang atas dan bawah) ataubracing (menggemeretakkan gigi) yang dapat terjadi ketika tidur (sleep bruxism) maupun dalam keadaan sadar (awake bruxism). Padakasusanda, termasukkategori sleep bruxism.
Sleep bruxism bisa dilakukan siapa saja, namun kemungkinan biasaterjadipadadewasa (8%), anak-anak (14%), danusialanjut (3%). Efeksamping yang dapatterjadiakibat sleep bruxismadalahgigidapataus (abrasi), kegoyangangigi, peningkatansensitivitasgigi, peningkatan volume ototpengunyahandanmenimbulkannyeriotot-ototpengunyahan. Faktorutamapenyebabterjadinya sleep bruxism masihbelumpasti.
Namunbeberapapenelitian menjelaskan faktor utama yang paling mempengaruhi adanya kebiasaan tersebut adalahgangguanpernapasanpadasaattidur, jam tidurmalam yang tidakteratur, faktorkecemasan, stres, kebiasaanmengkonsumsialkohol, mengkonsumsi kopi yang berlebihan (lebihdari 6 cangkirsehari), danmerokok.
Sebelummenentukan cara mengatasi atau mengurangi kebiasaan tersebut, sebaiknya anda bisa konsultas dulu atau melakukan pemerisaan ke dokter tentang keluhan yang anda alami dan jelaskan sedetail mungkin. Sebaiknya anda konsultasi ke dokter spesialis gigi yang lebih mengetahui tentang kesehatan gigi.
Setelah Dokter Gigi mendiagnosa keluhan pasien, biasanya Dokter Gigi akan memberikan terapi tunggal atau kombinasi untuk sleep bruxism (tergantung hasil pemeriksaan yang didapatkan), antara lain:
1.    Pembuatan occlusal splint atau night guard.
Yaitusebuahalatpelindunguntukgigi-geligipadarahangatasdanbawah, yang dibuat di laboratoriumsesuaidenganukurangigi-geligipasien. Bahan
ang digunakan bervariasi, namun yang seringdigunakanadalahakrilik, co-polyester, atau polyurethane. Sehngga saat kebiasaan buruk tersebut masih terjadi, hal itu tidak akan membuat gigi kita rusak. Karena gigi kita sdah terlindungi benda tersebut dan tidak akan bergesekan secara langsung.
2.    Pemberianinstruksiuntukmengurangikebiasaanburukanda.
Jikaandamemilikikebiasaanminumalkohol, merokok, atauminum kopi yang berlebihan, sebaiknyadikurangiataudihilangkan.
3.    Pemberianobat-obatan.
Obat-obatanakandiberikanuntukmengurangisakit, untukmembantumelemaskanototrahang yang tegang, sertauntukmembantumengurangistres.
4.    Jikaandamemilikikecemasan yang tinggiatau rasa stres, andadapatmelakukan konsultasikePsikolog, atauDokterSpesialis yang kompeten di bidangini.
Saatini, sebaiknyaandasegeramengunjungiDokter Gigi untukmenghindarikerusakangigidanjaringanpendukunggigilebihlanjut, sertamenghindariterjadinyakelainansendirahang. Sebagaiinformasitambahan, beberapahal yang dapatandalakukansendiri di rumahuntukmengurangi rasa sakitpadasendirahang, adalah:
1.    Kompresdengan es dan dengan handuk hangat.
Kompressisiwajah yang sakitdandaerahpelipisselamakuranglebih 10 menitdenganbungkusanes. Lakukanlatihanpereganganrahang. Setelahlatihan, komprespadasisiwajah yang sakitdenganhandukhangatselamakuranglebih 5 menit. Lakukanlahselamabeberapa kali dalamsehari. 
2.    Hindarimakanmakanan yang kerasdanrenyah (misalnyakerupuk, wortelmentah), makanan yang lengket (misalnyakaramel), danmakanan yang bentuknyatebaldanbesar dan dianjuurkan makan makanan yang berukuran kecil dan bertekstur lembur atau tidak terlalu keras. Sehingga kita bisa mengunyah tanpa membuka mulut terlalu lebar dan tidak memperlebar rahang kita.
3.    Hindari pergerakan rahang yang berlebihan, misalnya menguap terlalu lebar atau mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet bisa kita ganti dengan permen biasa saja
4.    Biasakan melatih postur tubuh yang baik untuk mengurangi sakit di leher dan wajah. Jangan bertopang dagu atau menjepit telepon di antara bahu dantelinga.
5.    Sebisamungkin menjaga agar gigiatasdanbawahtidakmengatup sehinggaototrahangdapatberistirahat.
Demikianpenjelasan dari dokter tersebut. Semoga bisa membantu mengurangi kebiasaan bruk anda saat tidur. Sehingga kesehaan gigi kita tetap terjaga.
 
Dan kurang stress berlebihan, istirahatkan badanmu secara rileks. Nikmatilah istirahatmu dengan nyaman sepanjang malam, dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum tidur, supaya kita diberi perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Amiin
Terima kasih telah mengunjungi web kami, 😉



Tidak ada komentar:

Posting Komentar